Monthly Archives: September, 2012

7 Alasan Mengapa Badan Terasa Lelah Ketika Bangun Pagi

Pujasera46__Anda mungkin pernah mengalami kondisi tubuh yang begitu lelah ketika bangun di pagi hari. Tidur seharusnya dapat memulihkan energi bukannya menyisakan efek kelelahan ketika bangun. Jika hal ini terjadi, mungkin Anda melakukan kesalahan yang dapat mempengaruhi pola tidur dan bangun tidur.

Berikut 7 alasan mengapa badan Anda merasa terlalu lelah ketika bangun tidur di pagi hari, seperti dilansir self, Minggu (30/9/2012) antara lain:

1. Anda melewatkan olahraga
Olahraga tidak hanya membakar kalori saja, tetapi juga membakar energi. Jika tubuh terlalu banyak menyimpan energi, maka Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak di malam hari dan kadang akan terbangun karena gelisah.

Tetaplah pada rutinitas olahraga yang teratur, berolahraga setidaknya tiga atau empat kali seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur dan Anda dapat bangun dengan bugar di pagi hari.

2. Anda terlalu asik dengan sosial media hingga tidur larut malam
Berselancar di dunia maya dan berkomunikasi dengan teman melalui twitter atau facebook dapat membuat Anda tidak menyadari bahwa waktu cepat sekali berlalu dan tanpa sadar telah terlalu larut untuk pergi tidur.

Kurangnya tidur di malam hari tentu akan membuat Anda merasa kelelahan ketika bangun tidur di pagi hari. Selain sosial media, tidur juga akan terhambat oleh faktor lain seperti lampu dari ponsel, komputer, dan TV yang merangsang otak tetap terjaga lebih lama.

Matikan semua alat elektronik dan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur dan sebagai gantinya dapat dilakukan dengan membaca buku atau melakukan beberapa peregangan sampai Anda mengantuk dan tertidur.

3. Anda makan makanan yang terlau pedas untuk makan malam
Makan makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut ketika Anda mencoba berbaring setelah makan malam. Anda tidak akan bisa tidur atau tidur dengan bersendawa atau akan merasa kerongkongan terbakar.

Bila Anda tidak bisa tidur dan beberapa kali terbangun di tengah malam, Anda akan terbangun dengan perasaan lelah. Untuk memperbaiki masalah ini hindari makanan pedas, buah jeruk, saus tomat, dan makanan lain yang menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Anda minum terlalu banyak kafein
Selain membuat Anda terjaga sepanjang malam, kafein juga dapat menyebabkan mulas. Berhenti minum minuman berkafein sejak siang hari atau lebih awal jika hal tersebut yang membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari.

5. Anda minum minuman berlakohol tepat sebelum tidur
Minum alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Selain itu alkohol juga mengganggu pola tidur tubuh Anda dan menyebabkan kondisi terlalu lelah untuk bangun di pagi hari.

6. Anda lupa untuk mematikan dering handphone
Tidak ada yang salah dengan menjaga handphone tetap menyala di samping tempat tidur agar Anda terbangun oleh alarm ketika pagi, tetapi jika Anda tidak mematikan dering handphone, mungkin tidur Anda akan terganggu dengan notifikasi email dan sosial media lainnya.

Setiap suara yang bisa berpotensi membangunkan Anda dari tidur harus dimatikan sebelum tidur agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

7. Anda selalu kepikiran akan masalah-masalah tertentu
Terlalu memikirkan suatu hal entah itu urusan kantor, urusan percintaan atau masalah keluarga sekalipun kadang membuat seseorang tidak bisa tidur dengan mudah. Anda dapat menuliskan semua keluh kesah yang memenuhi pikiran Anda ke dalam sebuah buku catatan atau diary.

Hal ini dapat sedikit membantu melegakan dan membuat Anda tidur dengan tenang agar terbangun di pagi hari dengan keadaan bugar.

Posting By Pujasera46 Copyright @2012

Iklan

Kolesterol dan Tipe-Tipenya

Pujasera46__Kolesterol, adalah suata kata yang sangat sering kita dengar berkaitan dengan kesehatan manusia. Berita mengenai kolesterol dan iklan obat penurun kolesterol sering kita lihat di banyak media. Penyakit-penyakit modern terutama serangan jantung dan stroke sering dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol darah kita, namun apakah semua berita yang kita dengar dan baca itu benar adanya?

Apa itu kolesterol? Kolesterol adalah suatu zat lemak yang terdapat dalam setiap sel tubuh kita, terutama dalam darah, dimana zat tersebut membantu untuk menghasilkan membran sel, hormon, vitamin D dan asam empedu yang membantu Anda untuk mencerna lemak. Kolesterol juga membantu dalam sistem kerja memori, dan sangat penting untuk fungsi saraf anda. Hati membuat sekitar 75 persen kolesterol dalam tubuh anda.

Ada dua tipe kolesterol menurut ilmu kedokteran, yaitu:

  1. High-density lipoprotein, atau HDL: ini adalah kolesterol baik yang membantu untuk menjaga kolesterol dari arteri Anda dan menghapus setiap kelebihan plak pada arteri (arterial plaque), yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.
  2. Low-density lipoprotein, atau LDL: ini adalah kolesterol buruk dalam darah Anda, berkumpul di arteri, membentuk plak yang membuat arteri sempit dan kurang fleksibel (suatu kondisi yang disebut aterosklerosis). Jika bentuk gumpalan di salah satu arteri menyempit dan mengarah ke jantung atau otak, serangan jantung atau stroke mungkin terjadi.

Adapun dua zat lain lagi yang masih merupakan keluarga kolesterol yaitu:

  • Trigliserida: merupakan lemak yang berbahaya; telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes. Tingkat trigliserida disebabkan oleh terlalu banyak makan karbohidrat dan gula, kondisi fisik yang tidak aktif, merokok, minum alkohol berlebihan dan kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Lipoprotein (a), atau Lp (a): Lp (a) adalah zat yang terdiri dari bagian “kolesterol jahat” LDL ditambah protein (apoprotein a). Peningkatan kadar Lp (a) merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kemunculan penyakit jantung. Hal ini sangat jarang dicek oleh dokter ketika pasien melakukan tes darah.

The American Heart Association merekomendasikan total kolesterol kurang dari 200 mg / dL untuk menjaga tubuh kita sehat dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Kita memiliki resiko terkena penyakit jantung ketika total kolesterol diatas 330 mg/dL, dimana hal ini tidak diberitahu oleh AHA kepada publik.

Mitos dan Fakta Mengenai Kolesterol

Mitos-mitos yang salah mengenai kolesterol:

  • Kadar kolesterol harus dijaga dibawah 200 mg/dL. Menurut banyak penelitian kedokteran di Amerika Serikat, kadar kolesterol dibawah 200 mg/dL tidak signifikan mencegah penyakit jantung, dan bahkan kadar kolesterol dibawah 150 mg/dL sangat berbahaya bagi kesehatn karena akan mempengaruhi ketidakstabilan produksi hormon dan mengakibatkan depresi mental.
  • Telur ayam, khususnya kuning telur tidak boleh sering dikonsumsi karena kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini tidaklah benar, karena kuning telur sebenarnya membantu meningkatkan kadar kolestrol “baik” HDL dalam darah yang memberi manfaat kesehatan tubuh kita. Kuning telur selain kaya akan protein, juga kaya akan sumber vitamin A (karoten) dan antioksidan.
  • Mengkonsumsi obat penurun kolesterol efektif mencegah penyakit jantung. Ini merupakan mitos yang kurang benar. Majalah Business Week (Bloomberg Businessweek) edisi Januari 2008 dengan cover story nya: “Do Cholesterol Drugs Do any Good? Research suggests that, except among high-risk heart patients, the benefits of statins such as Lipitor are overstated”. Artikel tersebut memberitakan hasil penelitian obat penurun kolesterol “Lipitor” dari Pfizer yang merupakan obat penurun kolesterol terlaris di dunia dengan penjualan miliaran Dollar, pada berita tersebut dinyatakan bahwa penelitian selama 3,5 tahun terhadap 100 orang didapati 3% pasien berkadar kolesterol tinggi yang menggunakan placebo (tablet gula) terkena serangan jantung, dan 2% pasien yang menggunakan Lipitor juga terkena serangan jantung. Ini berarti Lipitor hanya mengurangi 1% jumlah pasien serangan jantung pada pasien yang berpartisipasi dalam penelitian klinis dan efeknya tidak seefektif yang diiklankan untuk mencegah penyakit jantung.
  • Vegetarian adalah pola makan terbaik menurunkan kolestreol. Hal ini sangatlah tidak beralasan, karena banyaknya konsumsi karbohidrat dan kedelai dalam menu vegetarian malah akan mengakibatkan kadar Trigliserida (yang merupakan keluarga kolesterol ) darah cenderung naik.

Beberapa fakta mengenai kolesterol:

  • Tanpa kolesterol tubuh tidak dapat berfungsi, karena sel membutuhkan kolesterol untuk menghasilkan hormon dan membawa nutrisi ke seluruh tubuh serta fungsi tubuh lainnya.
  • Kadar kolesterol dibawah 150 mg/dL cenderung berbahaya bagi tubuh karena tidak berfungsinya sel secara efektif dan bisa mangakibatkan depresi mental berat.
  • Penggunaan obat penurun kadar kolesterol dalam jangka panjang akan mengakibatkan turunnya imunitas tubuh dan mengakibatkan kelelahan fisik dan mental, karena obat tersebut menurunkan kadar coenzyme 10 (CoQ10), suatu enzim yang sangat penting untuk menghasilkan energi tubuh.
  • Pola hidup sehat dengan makanan yang seimbang disertai olahraga teratur dan hidup bebas dari stress berlebihan akan membuat kadar kolesterol kita terjaga optimal dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Bagaimana Cara Menurunkan kadar kolesterol secara alamiah?

Bila kadar kolesterol anda diatas 200 mg/dl sebenarnya masih dalam batas aman, karena resiko serangan jantung sangat tinggi bilamana kadar kolesterol sudah mencapai 330 mg/dL. Adapun cara-cara alamiah menurunkan dan menjaga kadar kolesterol optimal adalah sebagai berikut:

  • Pola makan sehat yang terdiri dari 85% nabati dan 15% hewani, terutama daging ikan yang kaya akan asam lemak Omega3.
  • Mengkonsumsi 5-9 porsi sayuran dan buah segar (organik lebih baik) tiap hari
  • Tidak mengkonsumsi makanan gorengan berlebihan.
  • Hindari makanan yg diolah dengan Hydrogenated vegetable oil (biasanya terdapat dalam margarin), dan hindari trans fat yang berbahaya bagi tubuh.
  • Mengkonsumsi “Healthy Fat” seperti minyak ikan /Omega 3, minyak zaitun (olive oil), dan minyak kelapa.
  • Mengkonsumsi telur ayam dengan kuningnya (membantu meningkatkan kadar kolesterol baik “HDL”).
  • Mengkonsumsi biji2an utuh dan kacang2an seperti kenari, almond mentah (raw).
  • Olahraga teratur & istiharat cukup (7-8 jam per hari).
  • Jaga tingkat stress minimum.
  • Jangan merokok dan minum minuman beralkohol.

Kesehatan adalah harta paling berharga. Kesehatan anda ditentukan oleh keputusan yang anda ambil hari ini. Jalani pola hidup sehat, niscaya umur panjang berkelimpahan menyertai kita semua.

Sumber vitanatures Posting By Pujasera46 Copyright @2012

6 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Pujasera46__Kebanyakan anak-anak tidak menyukai sayuran dan salah satunya adalah kentang. Tapi perlu anda ketahui banyak sekali manfaat kentang yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan buah hati anda. Oleh karena itu anda sebagai ibu harus pintar mengolah kentang agar anak anda tertarik untuk mengkonsumsi umbi-umbian ini.

Kentang tidak terlalu populer di Indonesia, mungkin karena tanaman yang mirip umbi ini terlihat jelek dan kurang menarik. Akan tetapi tanaman yang memiiki nama ilmiah Solanum tuberosum ini memiliki sejuta manfaat baik untuk kesehatan, diet, maupun kecantikan.

 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

1. Berat Badan

Kentang merupakan gundukan karbohidrat dan juga mengandung sedikit protein. Mengkonsumsi kentang merupakan salah satu cara diet alami karena kentang menjadi salah satu alternatif pengganti karbohidrat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

2. Melancarkan Fungsi Pencernaan

Karena kentang mengandung banyak karbohidrat dan cukup lunak saat dikonsumsi membuat tanaman ini mudah untuk dicerna dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Tapi perlu anda ingat, makan terlalu banyak kentang dapat menyebabkan keasaman dalam jangka panjang.

3. Skin Care

Vitamin-C dan B kompleks dan mineral yang terdapat pada kentang sangat baik untuk kulit. Selain itu kentang mentah yang ditumbuk dan dicampur dengan madu, dapat berfungsi sebagai masker muka dan juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda agar terasa lembut.

4. Tekanan Darah Tinggi

Kentang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena di dalamnya terdapat banyak vitamin C dan B, tapi bagi anda penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi kentang secara berlebihan. Selain itu adanya kandungan serat di dalamnya membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh.

5. Penyakit Jantung

Selain kandungan vitamin, mineral, dan serat kentang juga mengandung zat yang disebut Karotenoid  yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan organ internal lainnya. Tetapi sebagai peringatan untuk anda yang menderita obesitas dan diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kentang karena banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

6. Batu Ginjal

Manfaat kentang selanjutnya adalah mencegah batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebisa mungkin harus menghindari makanan berprotein tinggi, khususnya protein hewani seperti daging, ikan, bayam, dll. Kentang sangat kaya magnesium yang dapat menjegah pengendapan kalsium (pengapuran) pada ginjal dan jaringan lain, sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal

Posting By Pujasera46 Copyright @2012