Sejarah & Nilai Gizi Gudeg

Sekilas Sejarah Gudeg

Pujasera46__sejarah hadirnya gudeg sebagai salah satu kekayaan makanan tardisioanal Nusantara. gudeg bagi sebagian orang asli Yogyakarta, yang lahir sebelum era kemerdekaan, dan terus eksis hingga sekarang. gudeg sebagai makanan dari gori (nangka muda) yang rasanya manis tapi gurih, karena tambahan bumbu arehnya (santan kental) dan ampas minyak kelapa (klendo) yang lezat. Ditambah lauk pauk lainnya seperti tahu, sambal krecek dan daging ayam. gudeg basah. Yogya mengenal gudeg kering yang relatif lebih awet dan tahan lama.

Gudeg merupakan makanan tradisional di Yogya Dan gudeg, bukan berasal dari dalam lingkungan Kraton Yogyakarta. Namun merupakan makanan tradisional masyarakat. Gori atau nangka muda, adalah bahan baku utama gudeg yang lebih umum dikenal. Sebab di masa lalu, bahan baku ini sangat mudah diperoleh di kebun-kebun milik masyarakat Yogyakarta. Walaupun ada pula bahan lainnya seperti manggar (pondoh kelapa), karena dulu batang pohon kelapa kerap dijadikan bahan bangunan dan jumlahnya banyak, tidak seperti sekarang.
Selain itu ada pula gudeg dari rebung (anakan pohon bambu), tapi yang ini sekarang amat langka dibuat gudeg, di jaman dulu orang Yogya hanya mengenal satu jenis gudeg, yakni gudeg basah. Gudeg kering dikenal setelahnya, sekitar 57-an tahun dari saat sekarang ini.

Hal ini setelah orang-orang dari luar Yogya mulai membawanya sebagai oleh-oleh. Keuntungan, gudeg kering biasa ditaruh di besek atau kendil, serta awet dibawa ke luar kota gudeg pun tumbuh sebagai home industry makanan tradisional di Yogya dan Kota-kota besar di seluruh indonesia

Kandungan Gizi Pada Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah dan Penggemar makanan ini relatif banyak. Proses pengalengan telah dilakukan terhadap makanan gudeg, dan produk dapat memiliki masa simpan hingga 1 tahun.

Kandungan gizi gudeg ini :
– Lemak : 5.12%
– Protein : 5.33%
– Karbohidrat : 12.47%
– Kadar air : 73.28%

By Pujasera46 Copyright @2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: