Kolesterol dan Tipe-Tipenya

Pujasera46__Kolesterol, adalah suata kata yang sangat sering kita dengar berkaitan dengan kesehatan manusia. Berita mengenai kolesterol dan iklan obat penurun kolesterol sering kita lihat di banyak media. Penyakit-penyakit modern terutama serangan jantung dan stroke sering dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol darah kita, namun apakah semua berita yang kita dengar dan baca itu benar adanya?

Apa itu kolesterol? Kolesterol adalah suatu zat lemak yang terdapat dalam setiap sel tubuh kita, terutama dalam darah, dimana zat tersebut membantu untuk menghasilkan membran sel, hormon, vitamin D dan asam empedu yang membantu Anda untuk mencerna lemak. Kolesterol juga membantu dalam sistem kerja memori, dan sangat penting untuk fungsi saraf anda. Hati membuat sekitar 75 persen kolesterol dalam tubuh anda.

Ada dua tipe kolesterol menurut ilmu kedokteran, yaitu:

  1. High-density lipoprotein, atau HDL: ini adalah kolesterol baik yang membantu untuk menjaga kolesterol dari arteri Anda dan menghapus setiap kelebihan plak pada arteri (arterial plaque), yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.
  2. Low-density lipoprotein, atau LDL: ini adalah kolesterol buruk dalam darah Anda, berkumpul di arteri, membentuk plak yang membuat arteri sempit dan kurang fleksibel (suatu kondisi yang disebut aterosklerosis). Jika bentuk gumpalan di salah satu arteri menyempit dan mengarah ke jantung atau otak, serangan jantung atau stroke mungkin terjadi.

Adapun dua zat lain lagi yang masih merupakan keluarga kolesterol yaitu:

  • Trigliserida: merupakan lemak yang berbahaya; telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan diabetes. Tingkat trigliserida disebabkan oleh terlalu banyak makan karbohidrat dan gula, kondisi fisik yang tidak aktif, merokok, minum alkohol berlebihan dan kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Lipoprotein (a), atau Lp (a): Lp (a) adalah zat yang terdiri dari bagian “kolesterol jahat” LDL ditambah protein (apoprotein a). Peningkatan kadar Lp (a) merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kemunculan penyakit jantung. Hal ini sangat jarang dicek oleh dokter ketika pasien melakukan tes darah.

The American Heart Association merekomendasikan total kolesterol kurang dari 200 mg / dL untuk menjaga tubuh kita sehat dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Kita memiliki resiko terkena penyakit jantung ketika total kolesterol diatas 330 mg/dL, dimana hal ini tidak diberitahu oleh AHA kepada publik.

Mitos dan Fakta Mengenai Kolesterol

Mitos-mitos yang salah mengenai kolesterol:

  • Kadar kolesterol harus dijaga dibawah 200 mg/dL. Menurut banyak penelitian kedokteran di Amerika Serikat, kadar kolesterol dibawah 200 mg/dL tidak signifikan mencegah penyakit jantung, dan bahkan kadar kolesterol dibawah 150 mg/dL sangat berbahaya bagi kesehatn karena akan mempengaruhi ketidakstabilan produksi hormon dan mengakibatkan depresi mental.
  • Telur ayam, khususnya kuning telur tidak boleh sering dikonsumsi karena kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini tidaklah benar, karena kuning telur sebenarnya membantu meningkatkan kadar kolestrol “baik” HDL dalam darah yang memberi manfaat kesehatan tubuh kita. Kuning telur selain kaya akan protein, juga kaya akan sumber vitamin A (karoten) dan antioksidan.
  • Mengkonsumsi obat penurun kolesterol efektif mencegah penyakit jantung. Ini merupakan mitos yang kurang benar. Majalah Business Week (Bloomberg Businessweek) edisi Januari 2008 dengan cover story nya: “Do Cholesterol Drugs Do any Good? Research suggests that, except among high-risk heart patients, the benefits of statins such as Lipitor are overstated”. Artikel tersebut memberitakan hasil penelitian obat penurun kolesterol “Lipitor” dari Pfizer yang merupakan obat penurun kolesterol terlaris di dunia dengan penjualan miliaran Dollar, pada berita tersebut dinyatakan bahwa penelitian selama 3,5 tahun terhadap 100 orang didapati 3% pasien berkadar kolesterol tinggi yang menggunakan placebo (tablet gula) terkena serangan jantung, dan 2% pasien yang menggunakan Lipitor juga terkena serangan jantung. Ini berarti Lipitor hanya mengurangi 1% jumlah pasien serangan jantung pada pasien yang berpartisipasi dalam penelitian klinis dan efeknya tidak seefektif yang diiklankan untuk mencegah penyakit jantung.
  • Vegetarian adalah pola makan terbaik menurunkan kolestreol. Hal ini sangatlah tidak beralasan, karena banyaknya konsumsi karbohidrat dan kedelai dalam menu vegetarian malah akan mengakibatkan kadar Trigliserida (yang merupakan keluarga kolesterol ) darah cenderung naik.

Beberapa fakta mengenai kolesterol:

  • Tanpa kolesterol tubuh tidak dapat berfungsi, karena sel membutuhkan kolesterol untuk menghasilkan hormon dan membawa nutrisi ke seluruh tubuh serta fungsi tubuh lainnya.
  • Kadar kolesterol dibawah 150 mg/dL cenderung berbahaya bagi tubuh karena tidak berfungsinya sel secara efektif dan bisa mangakibatkan depresi mental berat.
  • Penggunaan obat penurun kadar kolesterol dalam jangka panjang akan mengakibatkan turunnya imunitas tubuh dan mengakibatkan kelelahan fisik dan mental, karena obat tersebut menurunkan kadar coenzyme 10 (CoQ10), suatu enzim yang sangat penting untuk menghasilkan energi tubuh.
  • Pola hidup sehat dengan makanan yang seimbang disertai olahraga teratur dan hidup bebas dari stress berlebihan akan membuat kadar kolesterol kita terjaga optimal dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Bagaimana Cara Menurunkan kadar kolesterol secara alamiah?

Bila kadar kolesterol anda diatas 200 mg/dl sebenarnya masih dalam batas aman, karena resiko serangan jantung sangat tinggi bilamana kadar kolesterol sudah mencapai 330 mg/dL. Adapun cara-cara alamiah menurunkan dan menjaga kadar kolesterol optimal adalah sebagai berikut:

  • Pola makan sehat yang terdiri dari 85% nabati dan 15% hewani, terutama daging ikan yang kaya akan asam lemak Omega3.
  • Mengkonsumsi 5-9 porsi sayuran dan buah segar (organik lebih baik) tiap hari
  • Tidak mengkonsumsi makanan gorengan berlebihan.
  • Hindari makanan yg diolah dengan Hydrogenated vegetable oil (biasanya terdapat dalam margarin), dan hindari trans fat yang berbahaya bagi tubuh.
  • Mengkonsumsi “Healthy Fat” seperti minyak ikan /Omega 3, minyak zaitun (olive oil), dan minyak kelapa.
  • Mengkonsumsi telur ayam dengan kuningnya (membantu meningkatkan kadar kolesterol baik “HDL”).
  • Mengkonsumsi biji2an utuh dan kacang2an seperti kenari, almond mentah (raw).
  • Olahraga teratur & istiharat cukup (7-8 jam per hari).
  • Jaga tingkat stress minimum.
  • Jangan merokok dan minum minuman beralkohol.

Kesehatan adalah harta paling berharga. Kesehatan anda ditentukan oleh keputusan yang anda ambil hari ini. Jalani pola hidup sehat, niscaya umur panjang berkelimpahan menyertai kita semua.

Sumber vitanatures Posting By Pujasera46 Copyright @2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: